Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bank Ramli melalui unit pelayanan Bank Sampah BASKARA (Bank Sampah Karyawan Rakyat) menghadirkan inovasi pengelolaan sampah berbasis partisipasi karyawan dan warga Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir.
BASKARA berperan sebagai media edukasi, pengelolaan, dan pemanfaatan sampah anorganik menjadi nilai ekonomis, yang kemudian dikelola melalui sistem tabungan berbasis sampah. Karyawan Bank Ramli bersama warga aktif menabung sampah yang selanjutnya dicatat dan dikelola secara profesional, sehingga mampu memberikan manfaat lingkungan dan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.
Sebagai bentuk apresiasi dan perhatian terhadap inovasi pelayanan publik yang dilakukan, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda melakukan kunjungan resmi ke unit Bank Sampah BASKARA pada 22 Mei 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung proses pengelolaan, administrasi, serta dampak positif dari keberadaan BASKARA di masyarakat.
Kehadiran BPVP Samarinda menjadi momentum penting dalam memperkuat data dukung inovasi pelayanan publik ramah lingkungan yang dilaksanakan Bank Ramli, sekaligus membuka peluang kolaborasi lebih luas dalam program pelatihan keterampilan berbasis lingkungan dan pengelolaan sampah terpadu di wilayah Kota Samarinda.
Dengan adanya BASKARA, Bank Ramli membuktikan bahwa pelayanan perbankan dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

