SELAMAT DATANG DI PPID BPVP SAMARINDA

PROFIL PPID

TUGAS & FUNGSI PPID

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BPVP Samarinda bertugas mengelola, menyimpan, mendokumentasikan, dan menyediakan informasi publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, untuk mendukung keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Fungsi:

– Menyusun dan mengembangkan kebijakan layanan informasi publik

– Melakukan pengumpulan dan pemutakhiran informasi

– Menyediakan dan mendokumentasikan informasi publik

– Melayani permintaan informasi dari masyarakat

– Menyusun daftar informasi publik (DIP)

STRUKTUR ORGANISASI PPID BPVP SAMARINDA


INFORMASI BERKALA

Informasi yang wajib diperbaharui kemudian disediakan dan diumumkan kepada publik secara rutin atau berkala sekurang – kurangnya setiap 6 bulan sekali. 

INFORMASI SETIAP SAAT

Informasi yang harus disediakan oleh Badan Publik dan siap tersedia untuk bisa langsung diberikan kepada Pemohon Informasi Publik ketika terdapat permohonan. 

INFORMASI SERTA MERTA

Informasi yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum dan wajib diumumkan secara serta merta tanpa penundaan sesuai Pasal 10 pada UU KIP. 

INFORMASI DIKECUALIKAN

Informasi yang tidak dapat diakses oleh pemohon informasi publik sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2014 terkait Keterbukaan Informasi Publik


LAYANAN PERMOHONAN INFORMASI

Tata Cara Permohonan Informasi:

1. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi secara online melalui link : bit.ly/PermohonanPPID_BPVPSMD
2. PPID memproses dalam waktu 10 hari kerja
3. Bila informasi ditolak, pemohon dapat mengajukan keberatan. Untuk Formulir Keberatan dapat diisi melalui link berikut : bit.ly/3tCsP8j


DAFTAR INFORMASI PUBLIK

Berikut Daftar Informasi Publik BPVP Samarinda yang dapat diakses:
– DIP Tahun 2024 [Unduh PDF]


REGULASI DAN KEBIJAKAN

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik
Permenaker No. 12 Tahun 2021 tentang Pelayanan Publik di Kementerian Ketenagakerjan
SK Kepala BPVP Samarinda tentang Penunjukan PPID


LAPORAN LAYANAN INFORMASI

Tabel Statistik Layanan Informasi Publik:

TahunJumlah PermintaanDikabulkanDitolakKeberatan
Semester II 20252200
20244400
20231100

Laporan Tahunan:
– Laporan Layanan Informasi Publik 2024 [Unduh PDF]
– Laporan Layanan Informasi Publik 2023 [Unduh PDF]


FAQPERTANYAAN UMUM

Siapa yang bisa meminta informasi publik?

Siapa saja, baik WNI maupun WNA.

Berapa lama waktu pemrosesan permintaan informasi?

Maksimal 10 hari kerja sejak permintaan diterima.

Apakah ada biaya?

Tidak, kecuali untuk penggandaan dokumen dalam jumlah besar.


KONTAK PPID

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BPVP Samarinda
📍 Jl. Untung Surapati, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda
📞 Telp/WA: 0815 4936 6400
✉️ Email: pmb.bpvpsamarinda@gmail.com
🕘 Jam Layanan: Senin–Jumat, 07.30–16.00 WITA