Cara Mendaftar

Sister_On (Sistem Rekrutmen Online) merupakan inovasi dari Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda dalam melaksanakan proses perekrutan calon peserta pelatihan. Sebelumnya, tahapan perekrutan peserta pelatihan dilaksanakan secara tatap muka atau hadir langsung di BPVP Samarinda. Namun semenjak pandemi covid 19 melanda, seluruh rangkaian pendaftaran hingga daftar ulang peserta pelatihan dilaksanakan secara online. Hal ini selaras dengan tujuan dari inovasi di era perkembangan teknologi yaitu memudahkan calon peserta dalam mengakses maupun mengikuti seluruh tahapan perekrutan secara online. Dalam perkembangannya, Sister_On tidak hanya digunakan sebagai sistem rekrutmen online, tapi menjadi portal layanan digital BPVP Samarinda yang mencakup proses pendaftaran, rekrutmen, pengajuan On The Job Training (OJT), dan pendataan kebekerjaan alumni. Berikut yang termasuk dalam layanan pada Sister_On BPVP Samarinda :

Pendaftaran

  • Pendaftaran calon peserta pelatihan dilakukan secara online melalui Aplikasi SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan)
  • Silahkan akses aplikasi SIAPKerja melalui link berikut https://siapkerja.kemnaker.go.id/
  • Panduan untuk membuat akun di Aplikasi SIAPKerja dapat klik disini
  • Tutorial (Youtube Shorts) membuat Akun SIAPKerja pada link berikut: klik disini
  • Tutorial (Youtube Shorts) mendaftar Pelatihan di Skillhub / SIAPKerja pada link berikut: klik disini

Seleksi Online

  • Seleksi calon peserta pelatihan dilakukan sesuai jadwal seleksi yang ditentukan BPVP Samarinda untuk masing-masing angkatan. Catat jadwal seleksi yang telah ditentukan. Segala bentuk informasi mengenai pelatihan akan di posting dalam akun sosial media dari BPVP Samarinda.
  • Seleksi terdiri atas 2 (dua) tahapan, yaitu diawali dengan Seleksi Tertulis secara online melalui cbt.bpvpsamarinda.id dan dilanjutkan dengan Seleksi Wawancara secara online melalui Zoom atau offline (menyesuaikan kebutuhan pewawancara). Untuk informasi lebih detail, silahkan klik link bpvpsamarinda.kemnaker.go.id/sisteron

Daftar Ulang

  • Daftar ulang dilakukan setelah peserta dinyatakan lulus seleksi tertulis dan wawancara sesuai Pengumuman Kelulusan yang diumumkan di media sosial BPVP Samarinda.
  • Daftar ulang online dilakukan melalui Google Form dengan mengupload dokumen yang disyaratkan yaitu KTP dan Ijazah terakhir. Dokumen pendaftaran fisik diserahkan pada hari pertama mulai pelatihan.
  • Peserta WAJIB datang ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan untuk mulai pelatihan di BPVP Samarinda, dengan membawa berkas fisik dokumen daftar ulang antara lain:
    • Foto Copy Ijazah Terakhir / Surat Keterangan Lulus (2 lembar)
    • Foto Copy KTP (4 Lembar)
    • Foto Copy Kartu Keluarga (2 Lembar)
    • Surat Pernyataan di atas materai Rp 10.000,-
    • Pas Foto ukuran 3×4 (4 Lembar) dan ukuran 2×3 (2 Lembar). Pas Foto memakai kemeja Putih, Dasi dan Jas Hitam, Berlatar Merah. Masing – masing Pas Foto ditulis nama pada bagian belakangnya.

Pengajuan OJT

  • Peserta pelatihan yang telah menyelesaikan pelatihannya, diharapkan dapat mengikuti proses On the Job Training (OJT).
  • OJT merupakan lanjutan pelatihan yang dilaksanakan agar peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh di BPVP Samarinda ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI) secara langsung. 
  • Durasi OJT dilakukan minimal selama 1 (satu) bulan atau sesuai kesepakatan dengan industri yang dituju. Selama OJT, peserta akan didampingi oleh Pembimbing yang ditunjuk oleh DUDI.
  • Beberapa langkah yang harus dilengkapi oleh peserta OJT adalah:
    • Siswa diharapkan mengisi link bit.ly/DataSiswaOJT dan konfirmasi ke nomor WhatsApp yang tertera
    • Surat pengajuan akan diproses dan akan dikontak lebih lanjut apabila surat sudah selesai ditandatangani oleh pejabat yang bersangkutan
    • Siswa yang sudah dikonfirmasi untuk mengambil Surat Pengajuan OJT diarahkan ke Kios SIAPKerja untuk selanjutnya menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan OJT (membawa materai 10.000) dan petugas KiosSIAPKerja menyerahkan surat pengajuan yang telah terbit
    • Siswa yang diterima OJT diharapkan untuk dapat mengisi Lembar Konfirmasi dan Data Pembimbing yang sudah dilampirkan dan menyerahkan kembali ke petugas Kios SIAPKerja

Penyerapan Alumni

  • Alumni pelatihan BPVP Samarinda WAJIB menginformasikan apabila sudah bekerja atau berwirausaha.
  • Pendataan ini dibutuhkan untuk mengukur tingkat keberhasilan penempatan alumni pelatihan.
  • Temukan berbagai kisah sukses alumni BPVP Samarinda disini dan jadilah bagian di dalamnya.
  • Dalam rangka terus mendukung perbaikan dan peningkatan Inovasi Sister_On, kami mohon kesediaan para pengunjung website ini untuk dapat mengisi kuesioner singkat dengan tautan: bit.ly/SurveiSisterOn. Mari dukung BPVP Samarinda untuk selalu memberikan pelayanan terbaik.